Rabu, 19 November 2014

BAB 1 Proposal Penelitian Imiah

Judul Penelitian :
Pengaruh distribusi terhadap keuntungan produk air minum PT Air Abadi

1.                  Latar Belakang   
Distribusi merupakan suatu hal yang sangat fundamental dalam kehidupan kita sehari-hari. Secara tidak langsung distribusi akan mempengaruhi keuangan suatu perusahaan. Perusahaan membutuhkan solusi untuk meminimalkan kerugian atau memaksimalkan keuntungan dalam distribusi produk. Dampak distribusi mengakibatkan keuntungan produk air minum tidak optimal. Dibutuhkan suatu metode yang dapat mengoptimalkan distribusi air minum, metode tersebut adalah program dinamis. Program dinamis merupakan suatu teknik matematis yang biasannya digunakan untuk membuat suatu keputusan dari serangkaian keputusan yang saling berkaitan. Tujuan utama model ini adalah untuk mempermudah penyelesaian persoalan optimasi yang mempunyai karakteristik tertentu
            Jika tidak diperbaiki perlahan-lahan perusahaan akan mengalami kerugian secara kontinu walaupun tidak terlalu besar. Alasan menggunakan program dinamis karena dapat memperbaiki system pengambilan keputusan.  Penerapanya pemrograman dinamis banyak digunakan pada proses optimalisasi masalah. Program dinamis merupakan sebuah algoritma pemecahan masalah dengan cara menguraikan solusi menjadi sekumpulan langkah atau tahapan sedemikian sehingga solusi dari persoalan dapat dipandang dari serangkaian keputusan yang saling berkaitan. Harapan penggunaan metode program dinamis adalah perusahaan dapat menentukan produk yang didistribusikan dengan tepat.  

2.         Rumusan Masalah
            Perumusan masalah merupakan perumusan yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam suatu penelitian. Terdapat beberapa rumusan masalah yang didasarkan pada latar belakang penelitian ini :
1.         Bagaimana pengaruh air minum yang diangkut dengan keuntungan yang diperoleh ?
2.         Bagaimana cara menentukan jalur distribusi yang efisien ?

3.                  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan tujuan yang ingin dicapai peneliti guna menyelesaikan penelitian. Berikut adalah tujuan penelitian yang ingin dicapai :
1.         Mengetahui produk yang dapat diangkut dengan keuntungan optimal
2.         Menngetahui jalur distribusi yang tepat

4.                  Batasan Penelitian     
            Batasan penelitian dilakukan agar pembahasan yang dilakukan tidak menyimpang dari ketentuan yang ada. Berikut ini merupakan pembatasan masalah dari penelitian ini :
1.         Penelitian hanya dilakukan pada produk air minum.
2.         Metode yang digunakan hanya progam dinamis.
3.         Penelitian dilakukan di PT Air Abadi dan PT tujuan distribusi.
4.         Software yang digunakan adalah QM.  

5.         Metode Penelitian   
1.            Sumber Data
Data yang diteliti diperoleh dari Laporan Data PT Air Abadi  dari laporan hasil pengiriman produk air minum setiap bulan dan Laporan keuntungan dan kerugian PT Air Abadi.
2.             Jenis Data
Jenis data yang digunakan adalah air minum, surat penjualan, nominal penjualan, nominal pengiriman dan transportasi pengiriman produk.
3.                  Tipe Data
Data yang diteliti merupakan data sekunder yang dikumpulkan berupa data
runtun waktu (time series). Data-data tersebut diterbitkan secara berkala oleh PT Air Abadi dalam bentuk buletin dan laporan triwulan atau tahunan, dengan demikian keabsahan data tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan itu.
-          Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ini adalah PT Air Abadi.
-          Periode Penelitian
Data yang digunakan merupakan data bulan agustus 2012 sampai dengan januari 2014.

1.6       Rencana Waktu Penelitian
No
Deskripsi Kegiatan
Bulan Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Observasi Pengiriman Produk








2
Observasi Jalur Distribusi








3
Survey Hasil Produksi








           
7.         Daftar Pustaka  

            Jhon Hendri. 2009. “Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap  Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri”. Tesis Universitas Gunadarma. Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar