Kamis, 07 Januari 2016

PENGALAMAN MUTASI MOTOR DARI KOTA BOGOR KE KAB.BOGOR

          Bulan November 2015 saya membeli motor dari teman kuliah saya, alasn dijual karena motornya gak dipakai. Saya langsung meminta kwitansi pembelian, foto copy ktp, faktur pembelian, bpkb, stnk. Setelah itu pada bulan desember saya mulai langkah awal dengan mendatangi samsat kota bogor yang terletak di dekat kejaksaan depan istana Bogor. Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek fisik, bayar seiklasnya kalo di bagian cek fisik. Hal yang kedua masukan formulir ke bagian mutasi keluar ( karena keluar daerah kota), setelah itu mengambil formulir kembali. Hal yang ketiga yaitu masuk ke loket mutasi keluar yang terdapat di gedung samsat selanjutnya. Saya diwajibkan membayar 300 rb dan diharuskan menunggu paling lama tiga minggu dan dikasih surat jalan pengganti stnk.
          Setelah 2 minggu saya mendapat pemberitahuan, berkas sudah siap untuk diambil, setelah saya mengambil berkas dari samsat kota bogor dan langsung menuju ke samsat kabupaten bogor yang berada di dekat stadion persikabo di pemda cibinong. Hal yang pertama kembali cek fisik motor yang akan mutasi, bayar seiklasnya. Kemudian masukkan berkas dari samsat kota bogor ke bagian pengesahan cek fisik (beserta lembar cek fisik baru), setelah diverifikasi masukkan berkas ke mutasi masuk. Setelah itu nanti disuruh fotocopy berkas, dan diserahkan kembali ke loket mutasi masuk. Kemudian aka nada pemberitahuan berkas diurus selama 2 hari, setelah 2 hari datang lagi dan bayar 50 rb.

          Setelah 2 hari berkas diambil di mutasi masuk, kemudian masuk ke pendaftaran untuk bayar biaya balik nama di gedung dispenda. Kemudian buat plat nomor baru setelah stnk jadi di TNKB. Selanjutnya mengurus BPKB di Polres Bogor ke gedung BPKB di atas gedung SIM, dan menunggu 2 minggu hingga satu bulan.   

1 komentar:

  1. Gan saya mau tanya. klw cabut berkas dari bogor ke karawang brpa ya biaya nya

    BalasHapus